Kontrol Ponsel Android dari Laptop dengan scrcpy

Penulis lebih suka sistem pembelajaran daring karena memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam pengerjaan tugas-tugas sekolah daripada datang ke sekolah. Waktu luang yang tersedia juga menjadi lebih banyak untuk diisi dengan hobi dan belajar hal baru.

Sistem pembelajaran daring membuat kita pelajar dan mahasiswa lebih banyak menghadap layar laptop. Di samping laptop, kita juga memiliki ponsel, yang kebanyakan berupa Android. Punya penulis sendiri adalah Android. Dari sini penulis bertanya-tanya apakah ada program yang bisa mengendalikan ponsel Android melalui laptop, dan jawabannya adalah ya, ada! Penulis akan memberitahu cara mendapatkan dan menggunakan scrcpy dari awal hingga akhir melalui artikel ini.

Program tersebut bernama scrcpy. Penulis menduga bahwa scrcpy adalah singkatan dari screen copy. Sesuai dengan namanya, program ini menyalin tampilan ponsel Android ke layar laptop, serta tampilan tersebut dapat dikendalikan menggunakan mouse dan keyboard yang ada di laptop. scrcpy dapat diunduh di https://github.com/Genymobile/scrcpy/releases/. Ada dua versi scrcpy untuk Windows, yaitu 32 dan 64 bit. Unduh scrcpy sesuai dengan versi Windows yang dimiliki. Apakah Windows yang dimiliki 32 atau 64 bit dapat dilihat melalui buka penjelajah file Windows, klik kanan pada Computer, klik Properties. Akan terlihat versi Windows yang dimiliki apakah 32 atau 64 bit.

scrcpy menggunakan ADB (Android Debug Bridge) untuk berfungsi. ADB untuk laptop dapat didapatkan di https://developer.android.com/studio/releases/platform-tools, lalu diekstrak ke sebuah folder. Setelah itu sambungkan ponsel ke laptop, lalu aktifkan ADB di ponsel Android.

ADB di Android dapat diaktifkan melalui Opsi Pengembang yang tersembunyi di Setelan. Opsi Pengembang dapat dimunculkan dengan membuka pengaturan, masuk ke Informasi Perangkat atau Tentang Ponsel, lalu mengklik tujuh kali nomor build atau versi perangkat. Saat tahap ini sukses, akan muncul popup kecil di bawah yang menginformasikan bahwa Anda sudah menjadi pengembang.

Setelah mengaktifkan mode pengembang, geser ke bawah hingga menemukan tulisan Debugging USB. Aktifkan atau cawang Debugging USB.

Selanjutnya adalah buka command line interface untuk mengaktifkan adb. Di laptop Windows, buka Command Prompt dengan membuka Start Menu lalu mengetikkan cmd.exe, lalu buka. Di MacOS, cari Terminal dari Launchpad, lalu buka. Di Linux, buka aplikasi Terminal favorit.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan ADB di laptop agar bisa tersambung dengan Android. Caranya adalah ketik cd <lokasi adb diekstrak> di CMD atau Terminal, lalu ketik adb devices. Server ADB sudah menyala.

Berikutnya, ekstrak scrcpy yang sudah diunduh, lalu klik ganda pada scrcpy.exe. Tampilan ponsel sekarang sudah berada pada layar laptop, dan Anda dapat menggunakan mouse untuk mengendalikannya. Keyboard laptop juga dapat digunakan untuk mengetik di scrcpy.

Kini, kamu tidak usah repot-repot menjauhkan tangan dari laptop untuk membuka ponsel. Ada pesan masuk? Tinggal geser mouse. Kalkulator? Tinggal geser mouse. Lebih mempermudah hidup dan mempersingkat waktu yang digunakan untuk membuka ponsel.

Penulis akui ada beberapa kekurangan ketika menggunakan scrcpy, seperti tampilan yang sering lag dan tiba-tiba layar ponsel tidak muncul di laptop ketika kabel data tersenggol. Solusi daripada kekurangan terakhir adalah dengan menggunakan ABD mode wireless yang memanfaatkan WiFi. Tetapi, solusi ini justru memperparah lag dan membuat lebih kehilangan kesabaran.

Sekian artikel mengenai cara menggunakan scrcpy untuk mengendalikan ponsel Android melalui komputer atau laptop. Semoga bermanfaat! Sampai jumpa di tulisan berikutnya!

Baca lebih lanjut tentang scrcpy di halaman proyeknya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*