Cara Mengunduh Langsung ke Google Drive

Kegiatan mengunduh sudah menjadi bagian dari kehidupan modern. Kadangkala, kegiatan mengunduh terhadang oleh beberapa batasan sebagai berikut:

  1. Kuota
  2. Penyimpanan
  3. Kecepatan internet

Bagi masyarakat Indonesia, nomor 1 dan 2 menjadi masalah yang seringkali didapati ketika hendak mengunduh, terutama nomor 1. Orang Indonesia banyak menggunakan internet via jaringan seluler yang volume based. Nomor dua merupakan masalah yang umum dijumpai bagi penyuka download, dan nomor 3 sendiri menjadi masalah yang sering dijumpai di negara berkembang.

Google Drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang disediakan oleh Google. Google menyediakan layanan-layanan yang saling terintegrasi sehingga memudahkan penggunanya beraktivitas dengan menggunakan platform-nya.

Oleh karena itu, kali ini saya berbagi cara mengunduh berkas dari internet untuk langsung masuk ke Google Drive yang anda miliki. Caranya adalah menggunakan Google Colab. Google Colab merupakan produk Google yang menggunakan Jupyter untuk mengeksekusi Python di peramban, serta layanan komputasi awan gratis untuk beberapa jam.

Yang dibutuhkan dari cara ini adalah seperangkat komputer/desktop, laptop bisa dipakai, HP atau tablet belum saya coba, dan tentunya internet.

Kelebihan dari cara ini adalah anda bisa mengakses unduhan dari mana saja, tidak perlu pusing penyimpanan, dan terpenting adalah hemat kuota. Meskipun pada akhirnya harus diunduh ke perangkat lokal, paling tidak berkas yang ingin anda unduh sudah tersimpan terlebih dulu di tempat yang anda kenali, jadi tidak perlu pusing-pusing cari link buat mengunduh lagi.

Sedangkan kekurangannya adalah tidak sepraktis yang dibayangkan, karena banyak klik-kliknya. Selain itu, cara ini masih belum mendukung banyak unduhan sekaligus, tetapi akan saya usahakan untuk ada. Meskipun ada situs yang menawarkan layanan serupa, tapi tidak apa-apa, karena anda mengetahui siapa yang memiliki kendali jika mengikuti proses ini.

Tidak perlu takut dengan kekurangannya, sebenarnya cukup sederhana kok, dan Google Colab-nya straightforward.

Caranya

  1. Login ke Google
  2. Klik link ini

Memasang Google Drive

  1. Buka Mount/Unmount Google Drive dengan mengklik segitiga di sebelahnya atau melalui daftar isi di samping
  2. Pilih Mount Google Drive
  3. Klik Segitiga Play button untuk memasang Google Drive
  4. Klik “Tetap Jalankan”
  5. Buka URL yang diberikan
  6. Pilih akun Google dan Izinkan akses ke Google Drive
  7. Salin kode dan tempel di kotak Enter your authorization code:, lalu klik Enter

Mengunduh berkas dari internet

  1. Buka Specify Download Options
  2. Masukkan link unduhan ke File_URI
  3. Masukkan lokasi/folder Google Drive tempat berkas akan didunduh ke Download_Location
  4. Klik tombol segitiga [>] Play button untuk memulai unduhan.
  5. Bila ingin menyimpan berkas dengan nama lain, beri centang Custom_File_Name dan masukkan nama berkas ke Custom_Filename
  6. Periksa Google Drive untuk memastikan unduhan sudah tersimpan.

Catatan

  1. Google Drive juga muncul di panel sebelah kiri. Klik gambar map lalu klik drive/My Drive.

  2. Juga bisa mengunduh ke Team Drive dengan mengubah My Drive ke Shared drives. Huruf kapital berpengaruh.

  3. Misal Folder Google Drive adalah Unduhan, maka Download_Location adalah /content/drive/My Drive/Unduhan.

  4. Download_Location juga dapat didapatkan melalalui panel sisi kiri. Buka drive/My Drive, klik kanan di folder tempat unduhan akan disimpan, pilih Salin lokasi, lalu tempel di Download_Location.

  5. Bila Download_Location dibiarkan begitu saja, unduhan akan disimpan di folder Google Drive atas sendiri.

Ringkasan

Mengunduh langsung ke Google Drive dapat dilakukan dengan menggunakan Google Colab. Caranya adalah klik ini, kemudian ikuti langkah-langkah yang ada di link tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*